Header Ads

ViralPetang.Com : Menyajikan Berita yang AKURAT, TERPERCAYA dan BERIMBANG. Dengan berbagai kategori berita pilihan dan terkini.

Firmansyah, Kampus IBI Darmajaya Sudah Jalankan Kampus Merdeka

Kampus Merdeka, merupakan konsep baru merdeka belajar di perguruan tinggi yang dirilis oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim.

Bandar Lampung, Viral Petang. “IIB Darmajaya sudah memiliki dan menjalankan program kampus Merdeka Bahkan, Darmajaya sudah memberi kebebasan kepada mahasiswa kampus biru ini untuk menentukan sendiri program pilihan yang mereka inginkan,” kata Firmansyah, Selasa (28/1/2020).

Konsep Kampus Merdeka yang dicetuskan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim, menurut Rektor Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya Dr (Can). Ir. H. Firmansyah Y. Alfian, MBA., M.Sc. adalah ide yang sangat sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan zaman.



Menurut Bang Firman—panggilan akrab Firmansyah—IIB Darmajaya sudah lama menjalankan Program Student Mobility dan Joint Research. Dimana, mahasiswa diberi kesempatan untuk kuliah selama enam bulan di sejumlah kampus ternama di luar negeri.

Baik itu di negara-negara Asia, seperti China, Taiwan, Thailand, Malaysia atau pun di negara-negara Eropa dan Afrika, seperti di Inggris, Turki, Rusia, dan Kenya. Bahkan, sudah banyak mahasiswa yang mengenyam pendidikan melalui Program Student Mobility maupun Joint Research.

“Dan kami juga memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk magang selama enam bulan di perusahaan-perusahaan besar. Tinggal bagaimana kami memberikan kesempatan seluas-luasnya dengan memberikan tiga dari delapan semester kepada mahasiswa untuk memilih mata kuliah di luar jurusannya,” kata Ketua Badan Wakaf Indonesia (BWI) Provinsi Lampung itu.

Sebelumnya, Kampus Merdeka, merupakan konsep baru merdeka belajar di perguruan tinggi yang dirilis oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim. Menurut Nadiem, konsep Kampus Merdeka ini merupakan lanjutan dari konsep sebelumnya.

Konsep yang dimuat Nadiem dalam Kampus Merdeka ada empat poin. Hal ini dikatakan Nadiem sebagai komitmennya untuk mencetak pemimpin masa depan, serta bentuk implementasi visi-misi Presiden Joko Widodo atau Jokowi, yaitu menciptakan sumber daya manusia (SDM) unggul.

Dalam konsep Kampus Merdekanya, Nadiem bahkan memberikan keluasaan bagi mahasiswa dengan jatah dua sampai tiga semester untuk kegiatan di luar kelas. Dia berharap semua kampus yang ada di Indonesia dapat menerapkan Kampus Merdeka.

“Kebijakan Kampus Merdeka ini merupakan kelanjutan dari konsep Merdeka Belajar. Pelaksanaannya paling mungkin untuk segera dilangsungkan. Hanya mengubah peraturan menteri, tidak sampai mengubah peraturan pemerintah ataupun undang-undang,” kata Nadiem di Jakarta, Jumat (24/1/2020).(Tion)

Tidak ada komentar

Tulis Komentar Anda yang Baik & Sopan

Indospace Adalah Jasa All In One Pertama di Bandar Lampung