Header Ads

ViralPetang.Com : Menyajikan Berita yang AKURAT, TERPERCAYA dan BERIMBANG. Dengan berbagai kategori berita pilihan dan terkini.

Ini Bahayanya Sebar Data Pribadi di Medsos hanya Demi Giveaway

ViralPetang.com (07/06/2020) Jakarta - Akhir pekan ini Twitter diramaikan dengan seorang pengguna yang mengadakan giveaway saldo dompet digital OVO. Tapi untuk mengikuti giveaway tersebut salah satu syarat yang harus dipenuhi adalah dengan memberikan nama ibu dan foto.

Cuitan dari pengguna dengan username @xbege_ ini langsung mendapat respons beragam dari netizen. Ada yang tulus mengikuti giveaway tapi ada juga yang mengingatkan untuk tidak membagikan data pribadi seperti nama ibu kandung di media sosial.

Ini Bahayanya Sebar Data Pribadi di Medsos hanya Demi Giveaway
Foto by Social Barrel


Lantas apa sebenarnya bahayanya membagikan data pribadi di media sosial? menurut pengamat keamanan internet dari Vaksincom Alfons Tanujaya, data ini bisa dimanfaatkan oleh orang tidak bertanggung jawab untuk aktivitas fraud atau penipuan.

"Data nama gadis ibu kandung dipakai oleh institusi finansial dan institusi lain yg berkepentingan untuk melakukan verifikasi identitas melalui telepon," kata Alfons saat dihubungi detikINET, Minggu (7/6/2020).

"Sehingga jika data ini bocor maka dapat digunakan untuk memalsukan identitas penelpon. Dan karena verifikasinya benar maka hal ini sangat rentan disalahgunakan," sambungnya.

Alfons menambahkan jika data ini disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab bisa mengakibatkan kerugian finansial. Misalnya jika nomor telepon dan nama ibu yang didapat digunakan untuk membuka akun pinjaman online.

Data ini juga akan memudahkan orang tidak bertanggung jawab untuk mengeksploitasi rekening bank dari orang yang diincar. Alfons mencontohkan misalnya dengan menelepon bank untuk mengganti nomor ponsel yang digunakan untuk menerima two factor authentication (TFA).

Alfons mengimbau jika menemukan giveaway di Twitter atau media sosial lainnya yang meminta nama ibu kandung dan foto lebih baik jangan ikuti atau kelabui si pemberi giveaway dengan nama dan foto palsu.

"Comot saja foto siapa, foto Tessi kek lalu kasih nama orang tua Tessi," jelas Alfons.

"Intinya jangan kasih nama orang tua dan foto karena itu sangat rentan disalahgunakan untuk merugikan kita," pungkasnya.

(sumber: inet.detik.com)

Tidak ada komentar

Tulis Komentar Anda yang Baik & Sopan

Indospace Adalah Jasa All In One Pertama di Bandar Lampung