Header Ads

ViralPetang.Com : Menyajikan Berita yang AKURAT, TERPERCAYA dan BERIMBANG. Dengan berbagai kategori berita pilihan dan terkini.

Forbes Masyarakat Lampung Timur Deklarasi Pemilukada Damai dan Anti Hoax 2020

Forbes Masyarakat Lampung Timur Deklarasi Pemilukada Damai dan Anti Hoax 2020

 

ViralPetang.com (28/08/2020) Lampung Timur --- Forum Bersama (FORBES) Masyarakat Lampung Timur melaksanakan deklarasi Pemilihan umum kepala daerah (Pemilukada) yang dipusatkan di Aula Islamic Center Lampung Timur di Jalan Lintas Timur, Desa Muara Jaya, Kecamatan Sukadana, Lampung Timur, Kamis (27/8/2020).

Acara tersebut dihadiri oleh Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FORKOPIMDA) yakni Bupati Lampung Timur H. Zaiful Bokhari, ST, MM, perwakilan Dandim 0429, sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD), selain itu hadir juga Lailatul Khoiriyah sebagai komisioner Bawaslu Lampung Timur, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda, Organisasi masyarakat (ORMAS), Organisasi Kepemudaan (OKP), Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), organisasi profesi, dan insan pers.

Dengan tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19 yaitu menjaga jarak, mengenakan masker, mengecek suhu tubuh, menyemprot cairan disinfektan, mengenakan sarung tangan, menyiapkan tempat cuci tangan dan hand sanitizer, acara deklarasi Pemilukada damai tersebut mengusung tema, "Pemilih berintegritas mewujudkan Pemilukada damai dan anti hoax".

Dalam sambutannya ketua pelaksana Fitri Andi mengatakan bahwa dalam rangka menghadapi pemikukada yang telah dijadwalkan serentak se-Indonesia oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada tanggal 9 Desember 2020 mendatang, diharapkan dapat menjadi momentum untuk memilih kepala daerah sesuai harapan masyarakat.

"Pemilukada serentak harus didukung semua pihak agar dapat berjalan dengan baik, lancar dan damai. Walaupun berbeda pilihan dan dukungan pada pemilukada, persatuan dan kesatuan di masyarakat harus diutamakan, oleh karena itu kita perlu menciptakan dan menggalang kekuatan dari semua pihak menuju terciptanya Pemilukada damai, luber, dan jurdil", kata Andi sapaan akrabnya.

Selain itu Andi yang juga sebagai ketua LSM Kesatuan Aksi Mahasiswa dan Pemuda untuk Demokrasi (KAMPUD) Lampung Timur menambahkan, Forbes menjadi instrumen masyarakat Lampung Timur dalam berkomitmen menciptakan suasana kondusif, aman dan damai menjelang pemilukada di Lampung Timur.

"Demi terciptanya demokrasi yang sehat dan baik melalui Forbes Masyarakat Lampung Timur memberikan komitmennya guna menyatukan visi dan misi untuk mewujudkan pemilukada 2020 yang damai, langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil. Sebagai upaya menekan berbagai potensi konflik sosial, hal ini telah kita buktikan dengan berlangsungnya acara deklarasi Pemilukada damai 2020", ungkap Fitri Andi.

Sementara dalam sambutannya ketua Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) Lampung Timur yang dibacakan oleh Lailatul Khoiriyah sebagai komisioner Bawaslu Lampung Timur bahwa Penyelenggaraan Pemilukada serentak se-Indonesia di tengah wabah Covid-19 menjadi tantangan baru yang harus didukung oleh seluruh lapisan masyarakat khususnya di Lampung Timur.

"Harapannya dengan terselenggaranya acara deklarasi Pemilukada damai 2020 yang diinisiasi oleh Forbes Masyarakat Lampung Timur dapat mengawal jalannya Pemilukada yang akan berlangsung", kata Lailatul.

Sedangkan Bupati Lampung Timur H. Zaiful Bokhari dalam sambutannya menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas terselenggaranya acara deklarasi Pemilukada damai yang diselenggarakan oleh Forbes Masyarakat Lampung Timur.

"Pemilukada yang sebentar lagi akan berlangsung serentak seluruh Indonesia, khususnya Lampung Timur, menjadi momentum memilih Bupati dan wakil Bupati yang berintegritas, siapapun yang akan terpilih tentunya kita harus menghargai hasil tersebut, demi terciptanya Pemilukada yang damai, aman dan kondusif", kata Bupati Zaiful Bokhari.

Selain menandatangani komitmen bersama (MoU) untuk menciptakan suasana yang aman dan kondusif oleh elemen masyarakat dan Forkopimda, acara tersebut juga membacakan ikrar Pemilukada damai yang dipimpin langsung oleh Koordinator Forbes Masyarakat Lampung Timur Fitri Andi.

Berikut point ikrar pada acara deklarasi Pemilukada damai tahun 2020 tersebut.

1. Menjaga keutuhan Negara, persatuan dan kesatuan Republik Indonesia berdasarkan Pancasila dan Undang-undang Dasar 1945.
2. Mewujudkan situasi kondusif, aman dan damai dalam menyongsong Pemilukada damai Tahun 2020
3. Mensukseskan Pemilukada tahun 2020 yang damai, demokratis dan edukatif dalam rangka mewujudkan kedaulatan pemilih.
4. Tidak melakukan penyebaran ujaran kebencian dan hoax atas dasar sara, intoleransi dan radikalisme yang berdampak kepada disintegrasi masyarakat
5. Mendukung sinergitas dan soliditas TNI-Polri, Pemerintah Daerah, tokoh masyarakat dan elemen masyarakat demi terciptanya keamanan yang kondusif di kabupaten Lampung Timur
6. Tunduk dan patuh terhadap peraturan perundang-undangan yang berlaku. (*)

Tidak ada komentar

Tulis Komentar Anda yang Baik & Sopan

Indospace Adalah Jasa All In One Pertama di Bandar Lampung