Header Ads

ViralPetang.Com : Menyajikan Berita yang AKURAT, TERPERCAYA dan BERIMBANG. Dengan berbagai kategori berita pilihan dan terkini.

Berikan surat Rekomendasi ke Adipati, Partai Gelora Way Kanan usul 5 program pembangunan siap berkolaborasi

Berikan surat Rekomendasi ke Adipati, Partai Gelora Way Kanan usul 5 program pembangunan siap berkolaborasi

 
ViralPetang.com (21/09/20) Way Kanan --- Secara resmi DPD Partai Gelora Indonesia kabupaten way kanan memberikan surat rekomendasi kepada pasangan Raden Adipati Surya dan Ali Rahman.

Surat rekomendasi tersebut langsung di tandatangani oleh ketua umum DPP Partai Gelora Indonesia Anis mata dan Sekjend Mahfud sidiq.

Surat rekomendasi di berikan langsung oleh ketua DPD Partai Gelora Way Kanan Dani Mustofa dan di dampangin oleh Badan Pengurus Harian.

Dani mustofa selaku Ketua DPD mengatakan rekomendasi di berikan kepada pasangan Adipati dan Ali Rahman dilatarbelakangi karena ada kesamaan visi dan misi antara Partai Gelora Way Kanan dengan pasangan yang mengusung jargon BERANI PASTI AMAN.

Dalam pertemuan tersebut, selain memberikan surat rekomendasi partai gelora juga menitipkan 5  program unggulan pembangunan di kabupaten Way Kanan, diantaranya:

pertama, pembangunan SDM dengan program Way Kanan Sarjana. Partai Gelora Way Kanan menilai bahwa pendidikan di Way Kanan sudah jauh lebih baik di bandingkan dengan sebelumnya, namun anhka partisipasi kuliah di way kanan masih sangat rendah. Rata-rata dari 10 siswa SMA hanya 3 siswa yang mampu melanjutkan ke perguruan tinggi. Partai gelora mendorong agar pemerintah way kanan bisa melakukan percepatan angka partisipasi kuliah dengan jalan, memotivasi siswa siswi SMA untuk kuliah, dan menyediakan beasiswa untuk mereka.

Kedua,  pengembangan industri kreatif dan UMKM. Di situasi pandemi ini, sangat kita sadari selain berdampak pada krisis kesehatan, juga berdampak di sektor UMKM dan insdustri kreatif. Banyak UMKM dan Industri kreatif mengalami kerugian dan bahkan tutup akibat pandemi ini. Namun, disisi lain ada juga UMKM dan Industri kreatif justru tumbuh dan mengalami peningkatan omset saat pandemi ini. Hal ini tidak terlepas dari peran kemajuan teknologi dan tren media social. Oleh karena itu Pemda way kanan harus mampu merubah ancaman ini menjadi peluang untuk mengembangkan UMKM dan Industri kreatif dengan jalan memberikan banyak pelatihan yang menunjang skill mereka, membantu pemasaran dan membuka akses permodalan. Dengan meningkatnya UMKM dan Industri kreatif ini akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi kabupaten Way Kanan, dan membuka lapangan pekerjaan baru.

Ketiga, pengembangan sektor pariwisata. Sektor ini tidak kalah pentingnya dan harus menjadi icon kabupaten Way Kanan. Potensi pariwisata Way Kanan ini sangat besar sekali, terutama wisata alam, wisata budayanya.Way kanan sangat terkenal dengan surganya Air terjun. Banyak wisata Air terjun yang menarik untuk di kunjungi di Way Kanan seperti Curup putri malu, Curup gangsa, Curup kenangan, Curup kereta, dan yang lainnya. Ini harus menjadi icon pariwisata di Way kanan. Pemerintah harus menangkap peluang ini dan melakukan kerja-kerja perbaikkan. Terutama membangun akses infrastruktur yang aman, dan nyaman, dan kemudian meningkatkan pengelolaan yang ramah dan profesional.

Keempat, meningkatkan kesejahteraan petani. Way Kanan adalah bumi petani, mayoritas masyarakat di way kanan berprofesi sebagai petani. Mereka menggantungkan kehidupan mereka di sektor pertanian. Namun saat ini kehidupan petani di Way Kanan semakin sulit, harga2 komiditas jauh tidak sesuai dengan harapan petani. Terlebih di situasi pandemi ini, petani juga terkena dampaknya. Harga-harga hasil pertanian terutama komuditi ekspor seperti karet, Sawit, singkong, dan kopi yang menjadi andalan petani way kanan turun derastis. Akibatnya petani banyak yang merugi. Kalau kondisi ini dibiarkan terus menerus, kehidupan petani jauh dari kata sejahtera. Akan terjadi lonjakan kemiskinan baru di kabupaten way kanan. Oleh karena itu pemerintah harus bekerja keras untuk mencari solusi dari masalah yang di hadapi petani ini. Tidak ada masalah yang tidak ada solusinya.

Kelima, pembangunan desa berdaya. Desa harus menjadi salah satu fokus pembangunan  pemerintah kabupaten way kanan. Di era keterbukaan ini dengan kemajuan teknologi informasi dan sosial media serta di dukung dengan dana desa, membuat pergeseran ekonomi dari kota ke desa. Saat ini desa menjadi kekuatan ekonomi baru yang tumbuh dengan begitu pesat. Banyak temat-tempat wisata baru bermunculan dan berkembang pesat justru di desa-desa. Badan usaha milik desa atau BUMD lahir di desa dan menjadi kekuatan ekonomi baru. Sebut saja, desa Ponggok di Klaten, sawah Pujon kidul di malang, pasar payungi di metro, yang memilik omset hingga milyaran rupiah/tahun dengan desa wisatanya. Di way kanan saat ini, kesadaran membangun desa juga sudah mulai terasa. Banyak bermunculan  tempat-wisata di kelola oleh desa dan di gawangi oleh anak-anak muda. Ini adalah sinyal baik yang harus di tangkap oleh pemerintah kabupaten Way Kanan. Saat ini mereka banyak bergerak sendiri. Gerakan perubahan ini akan lebih baik lagi jika ada campur tangan pemerintah. Pemerintah daerah harus menfasilitasi untuk kepala-kepala desa untuk belajar melakukan pemetaan dan pengelolaan potensi desa serta memberikan pelatihan-pelatihan yang di butuhkan oleh pemuda desa sebagi motor perubahan. Kalau pemerintah mampu memaksimalkan usaha ini, partai Gelora Way Kanan yakin akan banyak bermunculan desa-desa berdaya dan mandiri baru yang akan membantu pemerintah meningkatkan pertumbuhan ekonomi kabupaten Way Kanan.

Partai Gelora Way Kanan siap berkolaborasi dengan pemerintah Way kanan dalam mewujudkan kelima pilar pembangunan ini. Partai yang rata-rata pengurusnya anak-anak muda lulusan dari berbagai universitas di Indonesia ingin berkontribusi dan bersinergi dengan pemerintah  memajukan daerahnya.

Kita yakin bahwa jika pemerintah berkolaborasi dengan partai politik,  organisasi masyarakat, komunitas, pemuda dan masyarakat mewujudkan lima pilar pembangunan tersebut, kabupaten Way Kanan akan tumbuh pesat dan menjadi kabupaten percontohan bagi daerah lain.

Tidak ada komentar

Tulis Komentar Anda yang Baik & Sopan

Indospace Adalah Jasa All In One Pertama di Bandar Lampung