Header Ads

ViralPetang.Com : Menyajikan Berita yang AKURAT, TERPERCAYA dan BERIMBANG. Dengan berbagai kategori berita pilihan dan terkini.

DERM ACT Serahkan Perlengkapan untuk Aksi Penyelamatan di Lampung



Bandarlampung, Viralpetang.com

Koordinator Disaster Emergency Respons (DERM) ACT Lukman Sholehudin menyerahkan sebanyak lima unit Safety Life Jacket dan Helm kepada Kepala Cabang ACT Lampung Dian Eka Darma Wahyuni di lokasi Volunteer Academy MRI Lampung 2020, Minggu (08/11/2020).

Koordinator Disaster Emergency Respons (DERM) ACT Lukman Sholehudin mengatakan Safety Life jacket atau pelampung keselamatan dan helm yang diserahkan merupakan peralatan vital dalam proses penyelamatan saat terjadi bencana alam seperti banjir dan tsunami.

Safety Life Jacket yang diserahkan sudah memenuhi standar seperti terdapat label ukuran dan sertifikasi.

Pria yang akrab dipanggil Luksol ini berharap masyarakat Lampung terutama Relawan MRI Lampung lebih mengembangkan skill dalam aksi penyelamatan. 

Untuk itu, pihaknya  ingin mengimbangi dengan perlengkapan sarana dan prasarana sesuai kondisi medan. Hal ini karena kondisi bencana alam disetiap daerah  banjir  berbeda. Dimana sebelum fase emegency harus disiapkan mitigasi bencana. 

Untuk Provinsi Lampung, menurutnya harus diperkuat skill Relawan Rescue MRI karena letaknya yang dekat dengan sunda megatrust sehingga sangat berpotensi gempa dan tsunami. 

Dengan isu yang sudah beredar diharapkan masyarakat lebih mengedepankan kesiapsiagaan. Menguatkan relawan dengan keilmuan bidang kegempaan tsunami. Kedepan Relawan akan disebar ke sekolah, corporate, dan tempat lain untuk melakukan sosialisasi.

"Fungsi Relawan sangat besar dan penting oleh para peneliti kebencanaan karena mereka yang akan menyebarkan informasi hasil penelitian dan analisa," ucapnya.

Sementara Kepala Cabang ACT Lampung Dian Eka Darma Wahyuni menerima perlengkapan Safety Life Jacket dan Helm dengan bangga. Perlengkapan tersebut akan memudahkan relawan saat melakukan aksi penyelematan. Selain itu, alat tersebut akan membuat rasa aman relawan dalam melakukan aksi.

"Kedepan akan berpotensi musim penghujan sehingga perlu kewaspadaan dan kesiapan ketika terjadi banjir maupun tsunami, terimakasih sudah dibekali perlengkapan yang sesuai standar," tutupnya. (Red)

Tidak ada komentar

Tulis Komentar Anda yang Baik & Sopan

Indospace Adalah Jasa All In One Pertama di Bandar Lampung