Header Ads

ViralPetang.Com : Menyajikan Berita yang AKURAT, TERPERCAYA dan BERIMBANG. Dengan berbagai kategori berita pilihan dan terkini.

Dialog jejaring pancamandala Membangun Sinergitas Membumikan Pancasila di Provinsi Lampung

Dialog jejaring pancamandala  Membangun Sinergitas Membumikan Pancasila di Provinsi Lampung

 

ViralPetang.com (15/12/2020) Bandar Lampung --- Nilai-Nilai Pancasila adalah konsep Pentahelix merupakan kegiatan kerjasama antara 5 unsur untuk mempercepat pengembangan pembangunan untuk negara ini.

istilah 'Pentahelix'
Penta’ adalah lima dan ‘helix’ adalah jalinan, kata Kasubdit Penghayatan dan Wasbang Kemendagri Sri Handoko Taruna, saat menjadi pembicara pada  Dialog Jejaring Panca Mandala berjudul “Membangun Sinergitas Membumikan Pancasila di Provinsi Lampung” yg diselenggarakan Badan Pembinaan Idiologi Pancasila (BPIP) Republik Indonesia Senin, 14 Desember 2020, di Begadang Convention Hall, Jalan Diponegoro No.1, Lampung.

Pemerintah mempunyai Political Power untuk merumuskan sebuah kebijakan melalui keputusan. Sementara masyarakat atau komunitas disebut social power. Unsur ketiga akademisi, melalui kekuatan knowledge power menghadirkan ilmu yang memiliki kebergunaan dan kebermanfaatan. Unsur keempat pebisnis atau pengusaha yang harus memiliki kesadaran dan pemahaman akan Pancasila dan Unsur kelima Media,

Menurut Sri Handoko Taruna, keberagaman adalah anugerah dan takdir Tuhan kepada bangsa Indonesia yang harus disyukuri, dan sudah menjadi kewajiban seluruh anak bangsa untuk menjaga persatuan, kesatuan dan keutuhan Negara Kesatuan Republik indonesia

Nara sumber antara lain Ken Setyawan,adalah  mantan anggota  teroris beliau mengatakan menjadi intoleran dan radikal ketika pancasila sebagai toghut atau berhala.ketika saya bergabung ternyata ini salah satu ajaran agama.saya aktif 1999- 2003
Radikal,intoleran , pancasila dll  banyak tantangan nya saat ini ,bahkan ada atlet profesional anti pancasila,yg harus kita lakukan menyampaikan dangan guru yang benar.

Rektor UIN Raden intan  Prof. Dr. Moh. Mukri, M. Ag - mengatakan terpenting adalaah prinsip Kerjasama yaitu dibangun atas dasar tolong menolong, mengakui adanya persamaan hak dan kewajiban. Kemudian menghargai perbedaan  dilaksanakan dengan amanah , kerjasama dalam kebaikan dan membangun persaudaraan.

Acara dialog Jejaring Panca Mandala, dihadiri peserta utusan Pemerintah Daerah, Akademisi, Dunia Usaha, Tokoh Masyarakat, Ormas, media lokal dan content creator Lampung, dengan Ketua Panitia Direktur Hubungan Antar Lembaga dan Kerjasama BPIP, Elfrida Herawati Siregar.

Drs. M. Firsada, M,Si (Plt.kepala kesbangpol) dalam sambutannya mengatakan Kesbangpol memiliki tanggung jawab dalam Pembinaan Ideologi Pancasila, secara khusus bersama Kementerian Dalam Negeri seperti urusan politik dan pemerintahan umum walau ada di pusat namun dibantu oleh perangkat daerah
Dalam melaksanakan tugas ideologi kami berdasarkan 4 pilar kebangsaam, Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika. Memantapkan ideologi ke seleruh elemen bangsa, maka kami membentuk forum yang ada di masyarakat.


FPK mewakili komponen adat suku bangsa, FKUB mewakili komponen agama ,perpaduan BPIP,  Kemendagri, dan kesbangpol diharapkan mampu mengembalikan nilai-nilai Pancasila, khususnya milenial

Prof.Adji Samekto mewakiliki BPIP Pusat mengatakan nilai-nilai pembentukan  Pancasila di masyarakat, agar dapat mengefektifkan dan menerapkan nilai-nilai Pancasila secara total untuk menjaga toleransi. Nilai-nilai Pancasila bukan hanya sebagai perajut toleransi namun sebagai landasan bangsa, baik di kehidupan ekonomi,covid -19, pendidika dan kebudayaan, kepentingan religius dan kebangsaan semuanya membutuhkan Pancasila.

Panca Mandala menjadi urgent karena pembumian Pancasila menjadi tugas kita bersam.dalam hal ekonomi gotong royong antar umat beragama menjadi suatu yang penting ini menanamkan nilai-nilai pancasila untuk tujuan utama yaitu pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.Dalam hal ekonomi Pembahasan dari pengelaman diri sendiri kepada orang lain untuk bercerita oleh Ken setiawa.

Gotong royong dalam hal ekonomi antar umat beragama menjadi suatu yg penting selama masa pandemi ini. Penanaman nilai-nilai Pancasila mempunyai tujuan utama yaitu teraktualisasikannya Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Nilai-nilai Pancasila disamping untuk merajut toleransi, tetapi lebih jauh dari itu, menurut kehendak para pendiri bangsa, Pancasila adalah landasan negara yang diharapkan dapat terjabarkan dalam semua aktifitas dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.


BPIP sebagai Lembaga Baru yang dibentuk berdasarkan Perpres 7 Tahun 2018 tidak mungkin bisa bekerja sendiri untuk melakukan Pembinaan Ideologi Pancasila ini kepada seluruh elemen masyarakat. Dibutuhkan kemitraan dengan Pemerintah Daerah, DPRD, Pakar, Perguruan Tinggi ,dan komponen masyarakat lainnya. pembentukan kemitraan yang mewujud dalam Pancamandala ini pada hakekatnya pembumian nilai-nilai Pancasila adalah tugas kita bersama, Kegiatan Pembentukan Jejaring Pancamandala ini dimaksudkan juga untuk menyediakan wadah bagi lima stakeholder utama PIP untuk bekerjasama dalam pembumian atau pembudayaan Pancasila; Stake holder tersebut mencakup: pemerintah,pelaku usaha,masyaraka, akademisi, dan media,(HN)

Tidak ada komentar

Tulis Komentar Anda yang Baik & Sopan

Indospace Adalah Jasa All In One Pertama di Bandar Lampung